Tak Berkategori

Peringati Hari Santri, MTs N 1 Kota Semarang Berikan Piagam Penghargaan bagi 10 Siswa Peraih Medali KSMO POSI 2020

Peringati Hari Santri, MTs N 1 Kota Semarang Berikan Piagam Penghargaan

bagi 10 Siswa Peraih Medali KSMO POSI 2020

Semarang- Hari Santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Demikian pula tak ketinggalan MTs Negeri 1 Kota Semarang juga memeringati hari bersejarah itu, Kamis (22/10). Secara langsung peringatan Hari Santri di MTs Negeri 1 Kota Semarang dengan upacara bendera  yang diikuti  oleh perwakilan guru, pegawai, dan siswa dengan khidmat, serta tetap menerapkan protokol kesehatan. Upacara  dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB di halaman madrasah dan  berjalan dengan lancar. Setelah itu secara tidak langsung (secara virtual)  mengikuti jalannya upacara bendera dari pusat.

Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala Madrasah, Asroni, dalam sambutannya mengatakan bahwa Hari Santri diperingati untuk mengenang jasa para ulama dan santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari belenggu penjajah. Atas perjuangan itu, bersama elemen masyarakat, kemerdekaan RI berhasil direbut kembali sehingga lahirlah Resolusi Jihad yang digagas oleh K.H. Hasyim Asyar’i. Para pejuang kemerdekaan disebut sebagai syuhada kemerdekaan. “Resolusi Jihad mengandung tiga poin penting, yaitu satu, setiap muslim wajib memerangi orang kafir yang merintangi kemerdekaan Indonesia. Dua, pejuang yang mati membela kemerdekaan Indonesia layak disebut syuhada. Ketiga, warga yang memihak penjajah dianggap memecah belah persatuan dan oleh karenanya layak dihukum mati.”jelasnya. Asroni juga menghimbau agar seluruh pegawai, guru, dan siswa MTs Negeri 1 Kota Semarang mampu meneladani sifat para syuhada kemerdekaan.

Sebelum penutupan upacara, pihak madrasah memberikan penghargaan kepada 10 siswa yang berhasil meraih medali dalam lomba Kompetesi Sains Madrasah Online  Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (KSMO POSI) Tahun 2020 sebanyak 1 medali emas, 4 medali perak, dan 5 medali perunggu. Sepuluh siswa berprestasi tersebut ialah Yasmin Nuha (medali emas mapel IPS), Hazel Rasendriya R. ( medali perak mapel IPA), Naufa Aprilia P. (medali perak mapel IPS), Mirzan Maulana S. (medali perak IPA), Raditya Fatih F. (medali perak IPA), Satria Mustofa Azmi (medali perunggu mapel Matematika), Farrel Khalifa R. (medali perunggu mapel Matematika), Aisyah Fahma R. (medali perunggu mapel IPA), Hety Rizka (medali perunggu mapel IPA), dan Diannisa Kinaura (medali perunggu mapel IPA).

Acara ditutup dengan penampilan paduan suara guru dan pegawai MTs Negeri 1 Kota Semarang yang membawakan lagu Hymne Madrasah dan Mars Hari Santri dengan diiringi oleh petikan gitar Agus Trisnoto dan iringan keyboard Anggit Purnanto. Alunan lagu Mars Hari Santri mampu membangkitkan antusiasme seluruh peserta yang hadir dalam moment peringatan Hari Santri tersebut. (Humas Emtessa).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *