BEDAH SKL GURU MTs NEGERI 1 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

UPAYA MENDONGKRAK NILAI UJIAN NASIONAL DENGAN BEDAH SKL

GURU MTs NEGERI 1 KOTA SEMARANG

TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

SEMARANG (Madrasah) –  Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Semarang Menyelengarakan kegiatan Bedah Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang dikuti oleh MTs N se eks karesidenan Semarang, bekerja sama dengan Penerbit Buku Sukses Ujian Nasional (SUN) mengadakan yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Semarang, selasa, 19 Desember 2017, yang diikuti oleh para guru MTs Negeri se FKM Karesedan Semarang. Acara pembukaan bedah SKL dilaksanakan mulai pukul 08.30 s.d 09.00. yang dibuka langsung oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Semarang Bapak Drs. H. Mudlofir, MM.

Peserta kegiatan bedah SKL ini diikuti oleh guru mata pelajaran ujian nasional MTs Negeri se eks karesidenan Semarang yang terdiri dari MTs N 1 Kota semarang 23 orang, MTs N Karangawen 8 orang, MTs N Bonang 4 orang, MTs N Gajah 4 orang, MTs N Brangsong 5 orang, MTs N Kendal 5 Orang, MTsN salatiga 5 orang, dan MTs N Mranggen 5 orang, ditambah dengan 4 orang siswa sehingga jumlah 68 orang peserta. Yang terbagi dalam 4 kelas sesuai dengan bidang studi yang diampu. Sementara pembicara/nara sumber bedah SKL dari penerbit SUN Jogjakarta yang terdiri dari : Windarti, M. Pd mapel  Bahasa Indonesia, Ngatijan, S. Pd. Mapel Matematika, Ari Dyah N, M, Hum Mapel Bahasa Inggris, Lilik Mardiningsih, M. Pd,  Mapel Fisika dan Herman Mursito, M. Pd Mapel Biologi

Dalam sambutannya P.dlofir panggilan kepala MTs Negeri 1 Semarang, menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan bedah SKL guru MTs Mata Pelajaran Ujian Nasional se FKM se Karesidenan Semarang  ini adalah : Guru memahami bahwa hasil Evaluasi Belajar Tahun Pelajaran 2016/2017 di MTs Negeri Se Karesidenan Semarang masih rendah, .Guru termotivasi untuk memperbaiki pembelajaran dan penilaian Meningkatkan kemampuan guru, Mengembangkan indikator soal, mengacu pada indikator SKL UN, Perumusan kisi-kisi soal UNBK 2017/2018, Penulisan butir soal prediksi UNBK 2017/2018

Pelaksanaan Bedah SKL dibagi menjadi 4 kelas yang terdiri dari kelas Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Materi yang disampaikan oleh nara sumber adalah membedah kisi-kisi SKL Ujian Nasional 2018 dengan memberikan contoh-contoh soal dan penyelesaian dengan trik dan cara yang cepat mudah dipahami. Setiap butir SKL dibahas sedemikian mendalam agar nanti para guru dapat menjelaskan materi Ujian Nasional kepada siswa lebih mudah dipahami.

Materi selanjutnya dalam kegiatan bedah SKL adalah penyusunan butir soal yang dilatihkan kepada guru-guru sbb: 1). Membandingkan  SKL UN 2016 dan 2017 meliputi Jumlah SKL, Ruang Lingkup Materi, Identifikasi UKRK, Jumlah Kemampuan yang diuji, Penyebaran kemampuan setiap SKL dan Pengembangan kemampuan setiap SKL, Verifikasi SKL 2017/2017 dengan soal UN 2016/2017 meliputi Ruang Lingkup Materi, Pengembangan Indikator,  Penyebaran materi  setiap kelas, dan Menyusun Kisi-kisi soal SKL, indikator SKL, indikator  soal, bentuk soal, dan no Soal, serta Menyusun Soal berdasarkan kaidah penulisan soal berdasarkan Validitas Isi, Konstruksi, dan Bahasa   memenuhi Syarat.

Peserta bedah SKL diberi tugas kelompok untuk mebuat : a)  Analisis SKL mata pelajaran untuk 1 (satu) SKL saja; b). Kisi-kisi soal ujian sekolah mengacu pada SKL sesuai dengan SKL yang dianalisis; c). Soal sesuai dengan kisi-kisi soal yang disusun.

Tujuan akhir yang diharapkan dari bedah SKL Adalah : Adanya kesepahaman tentang pemahaman SKL dari permendikbud, Terbentuknya tim bedah SKL yang MTs Negeri 1 Semarang betul-betul bisa meluangkan waktu, tenaga dan perhatian untuk program persiapan menghadapi UNBK tahun 2018, Tersepakatinya kerangka dan rencana kerja bagi tim kerja bedah SKL UNBK  SMP tahun 2018 di  MTs Negeri 1 Kota Semarang.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *